Mengenai Saya

Foto saya
seoul, seoul, South Korea
gw suka banget ma KOREA dari SMP.. tapi klo gw dah da rezeki gw pengen banget k'KOREA ( yah mungkin cma berkhayal doank cii ) tapi gw tetep semangat koq 정신 (^.^)

Oktober 06, 2010

Kasus Permasalahan Perusahaan dan Solusi Pemecahannya

Kasus Permasalahan Perusahaan dan Solusi Pemecahannya

Kali ini saya akan membahas tentang permasalahan Perusahaan Ajinomoto yang dulu sempat menjadi pembicaraan di media cetak. Dahulu produk Ajinomoto ini pernah disinggung tentang halal atau nonhalal nya produk tersebut. Namun Perusahan Ajinomoto tetap optimis bahwa dimasa tersebut akan menuai keberhasilan dengan memakan waktu kurang lebih setahun lamanya. Walaupun di masa akan datang dia menyadari bahwa berat Ajinomoto telah melukai hati masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim sehingga menimbulkan trauma, antara yang muslim dan yang non muslim jelas proporsinya jauh lebih besar yang muslim. Apalagi setelah ditinggal beberapa bulan pasarnya telah ditempati pesaing. Namun solusi yang telah dijalankan yaitu dengan mengiklankan status halal dan komunikasi langsung dengan team direct sales force yang telah berikan pelatihan.

Solusi Pemecahannya :
1. Memulihkan posisi pasar Ajinomoto namun memakan waktu yang lama.
• Akan memakan banyak biaya yang besar pula untuk commitment dari Pemegang Saham.

• Namun meskipun memerlukan banyak biaya tetapi pengguna tidak bisa menghamburkan.

2. Kuncinya adalah bukan lagi di market marketing communication namun advertising, public relation, publicity, and promotion citra yang tidak baik menjadi lebih baik untuk dibahas lagi. Namun seorang Mass Comunications genius akan mengkomunikasikan kembali produk Ajinmoto secara efektif dan popular. Tetapi jangan diberi bobot strategis yang berlebihan.

3. Keadan ekonomi yang parah dan semaikn parah merupakan saat baik untuk Ajinomoto merebut pasar asal market yang sangan price sensitive dan information sensitive. Maka para pesaing tidak bisa menandingi komitmen. Pemegang saham Ajinomoto untuk mengembalikan posisi Ajinomoto , paru paru pesaing tidak cukup besar untuk diajak menyelam begitu lama.

4. Lalu menjalankan di distribution strategi Ajinomoto.

Kuncinya adalah Kunci suksesnya adalah proses yang halal dan bahan baku proses juga harus halal, jangan setengah-setengah atau masih diperdebatkan. Memarketingkan kembali Ajinomoto akan lebih mudah kalau persoalan pokoknya bisa dituntaskan,

SIM adalah suatu sistem informasi yang digunakan untuk menyajikan informasi yang digunakan untuk mendukung dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem informasi manajemen bertujuan memenuhi kebutuhan informasi kepada manajer untuk smua perusahaannya dalam bentuk output maupun laporan berbagai simulasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar