Mengenai Saya

Foto saya
seoul, seoul, South Korea
gw suka banget ma KOREA dari SMP.. tapi klo gw dah da rezeki gw pengen banget k'KOREA ( yah mungkin cma berkhayal doank cii ) tapi gw tetep semangat koq 정신 (^.^)

Desember 28, 2010

Memulai usaha Boutique

Didalam membuat usaha boutique shop, langkah yang harus perhatikan adalah apa yang dibutuhkan customers agar costumers puas dan senang lalu datang kembali untuk membeli produk kita (^__^).
 
Berikut fase-fase dalam pembuatan boutiq shop yang baik adalah :
1.Face  Perencanaan :

Perencanaan adalah yang paling dasar dari semua yang bakal kamu tempuh. Dengan adanya renacana maka  akan muncul berbagai konsep karakteristik dan aliranpun akan terbentuk dari imajinasi kamu, mulai dari  membuat desain sendiri , hunting tempat yang bakal jadi standkamu. Kamu bisa mengusung konsep idealis, semi idealis atau kosep yang mengikuti mode dan permintaan pasar.


A.Konsep idealis biasanya mengusung tema unik dan fashionebel . Kelebihan mengusung konsep ini adalah konsumen dan pembeli sangat loyal, cukup dengan promosi dari mulut ke mulut, secara online contoh menggunakan fasilitas jejaring sosial seperti FACEBOOK atau TWITTER dsb atau pendekatan langsung pada cutomers pun sudah cukup. Namun kelemahannya adalah kita membatasi segmen pasar tujuan kita khusus pada satu komunitas atau aliran tertentu.


B.Konsep semi idealis ini biasanya mengusung konsep aliran atau komunitas, namun tidak dibatasi pada aliran dan komunitas tertentu dan disajikan tidak begitu ekstrim, sederhana namun tetam memiliki pesan-pesan komunitas atau aliran.


C.konsep yang ketiga inilah yang banyak di usung oleh boutique pada umumnya, baik di kota-kota mode seperti bandung, Jakarta dan Surabaya maupun di kota besar lainnya.  Karena konsep ini sangat fleksibel dan cenderung berubah-ubah mengikuti perubahan mode. Bahkan tidak sedikit yang latah, akut-ikutan, bahkan mencontek konsep desain boutique lain.
2.  Face Perancangan 
Maksudnya adalah kita harus mengkaji dulu produk apa saja dan seperti apa yang akan kita jual, Baik dari jenis dan kualitas produk yang akan kita jual. Dianjurkan jangan mencampur produk clothing ternama dengan yang biasa atau mencampur kualitas baik dengan yang biasa atau harga yang mahal dan yang murah, Karena akan mempengaruhi image usaha boutique anda dan kepercayaan konsumen. 
3. Face Finishing
Setelah mengenal produk apa saja dan kualitas seperti apa yang akan kita jual, maka selanjutnya kita bisa menentukan kira-kira berapa harga produk yang akan kita jual dan berapa estimasi keuntungannya ( kalau kita tahu kualitas produk kita bagaimana kita bisa mematok harga sesuai dengan kualitas agar konsumen puas )


C.Setelah menganalisis kualitas dan menentukan harga baru kita bisa menimbang-nimbang untuk menentukan tempat penjualan. Mengapa demikian? Karena jika kita menentukan harga maka kita harus mencari tempat yang lokasinya straregis atau tempat yang sering dikunjungi konsumen pada tinggkat ekonomi menengah ke atas. Dan sebaliknya jika minjual produk dengan harga murah di tempat yang sering di kunjungi oleh konsumen tingkat ekonomi ke atas maka produk kita bukannya akan laku keras melainkan akan di anggap murahan, kecuali pada saat diskon ( hal ini akan saya ulas di posting berikutnya )


D.Yang berikutnya adalah promosi. Setelah analisis kualitas produk, harga dan tempat penjualan maka kita akan tau cara berpromosi dan ke segmen pasar dan kalangan mana saja produk kita akan di promosikan yang nantinya akan di jual.


Inilah hal-hal mendasar yang bersifat tehnis yang perlu teman-teman lakukan dulu jika ingin memulai usaha di,boutique agar usaha yang akan dirintis sukses atau tidak mengecewakan rekan-rekan sekalian. Setelah melakukan seperti ulasan di atas teman-teman bisa tau brapa modal untuk memulai usaha.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar